Pages

PNJ atau Politeknik UI?

Wednesday, July 12, 2017

Hello! Welcome to my blog. Buat readers yg baru ketemu blog gue, yep sesuai judul. Gue akan bahas sejarah dan gimana sih gambaran kuliah atau mengenai hal-hal Politeknik Negeri Jakarta a.k.a PNJ a.k.a Poltek UI.

Eh kok itu Poltek UI nya dicoret sih? Yoiyoloh dicoret karna nama kampusnya yang bener tuh PNJ. By the way, kenapa sih PNJ lebih sering terkenal dengan nama "Poltek UI ataupun Politeknik UI" bagi orang awam?
Let's the story begin!

Menurut catatan gue pas PKKP (Pengenalan Kehidupan Kampus Politeknik) atau disebut ospek biasanya buat kampus lain. Cielah, rajin amat gue nyatet ginian ya HAHA maklum maba.

Awalnnya PNJ ini berdiri tanggal 20 September 1982 dengan nama Fakultas Nongelar UI (FNGT UI) yang kemudian berganti menjadi Politeknik Universitas Indonesia. Lalu, pada tanggal 25 Agustus 1998 berganti nama lagi menjadi Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) sampai sekarang!

That's why PNJ sering dibilang...
"PNJ dimana ya? Oh yang di UI itu bukan sih"
"PNJ tuh apa sih?
"Ah numpang doang di UI"
"Almetnya ngikutin UI, kuning-kuning juga"

Atau conversation YG AMAT SANGAT TER-...
"kuliah dimana?"
"Di PNJ"
"Oh yg di Rawamangun ya?"
DUBRAKKKKKKKKK (╯°□°)╯︵ ┻━┻

Embel-embel UI nya masih melekat sangat. Padahal ganti namanya dari tahun 98, kalo di hitung sampe tahun ini (2017) udah 19 tahun lhoo! 

PNJ merupakan pendidikan tinggi Vokasi. Nah makanya beda banget dengan Universitas atau Institu atau Akademi. Jelas banget perbedaan sistem pembelajarannya. Politeknik menerapkan teori 55% dan praktek 45%. Yaa bisa disebut Politeknik ini lanjutan buat yang di SMK.

Well, Politeknik ini beda banget sama Univ/Institut. Gue aja kaget dan baru tau kalo di politeknik ini ga ada yg namanya ngisi krs setiap mau naik semester. Jadi, mata kuliah itu udah sepaket dan gabisa ditambah atau dikurang. Dan diberitahu di mading lobby setiap jurusan jadwal kuliah dan kelas pas kbm awal masuk semester. Sekolah rasa kuliah.

Ngomongin soal gimana bisa masuk atau jadi mahasiswa di PNJ, ada 2 Jalur. Jalur pertama, yaitu PMDK-PN sejenis dengan SNMPTN tapi khusus Politeknik. Oiya PMDK-PN ini kabarnya ga semua sekolah bisa daftar, harus banyak nanya sama guru BK deh pokoknya. Jalur kedua, yaitu UMPN PNJ (Ujian Masuk Politeknik Negri). Tesnya dilaksanakan di kampus PNJ. Ada 2 bidang, Teknik Rekayasa dan Tata Niaga.

Kepo gak sih, kenapa PNJ ini ganti nama yang sebelumnya itu Poltek UI?
Menurut artikel yang pernah gue baca disini, pimpinan Politeknik UI memutuskan untuk memisahkan diri dari manajemen Universitas Indonesia dan dengan tetap memiliki hak tersendiri atas tanah dan gedung secara institusional. [Source: http://www.anakui.com/karena-kita-bersaudara-dekat-ini-cerita-anak-pnj-yang-harus-diketahui-anak-ui/]

Kok anak PNJ naik bikun sih? Naik bipol aja sih
Eits jangan salah! Mahasiswa PNJ berhak memakai bis kuning UI ini, karena sependengeran gue dari anak kampus. Setiap mahasiswa dipungut biaya (dari biaya UKT) berapa ribu per semester/tahun buat bayar ke UI. Anak PNJ pasti juga pengennya nunggu dihalte langsung dapet bipol lah, apadaya jarak masuk halte PNJ ke gedung kampus lumayan jauh kalo jalan kaki.

PNJ kan vokasi, lulusan D3 doang ya? Yah tanggung sayang
Disini tuh ada D3 dan D4 (Sarjana Terapan). Cuma beberapa program studi aja yang D4. Termasuk prodi aku, Keuangan dan Perbankan Syariah. Jangan takut buat daftar di D3nya, karena setau aku.. yang lulusan D3 PNJ bisa lanjut ke D4 alias lanjutan gitu

Kamu PNJ di fakultas apa?
Ibaratnya, kalo di Universitas/Institut
Contoh: Fakultas Ekonomi - Jurusan Akuntansi
Kalo di PNJ menyebut "fakultas" itu "jurusan"
Contoh: Jurusan Akuntansi - Program studi Keuangan dan Perbankan Syariah
That's why anak PNJ ini ilmunya lebih difokuskan sesuai prodinya hihi

Okayy, selesai dulu sharing ku tentang PNJ ini semoga berguna ya!




2 comments:

  1. Kak boleh tanya2 tentang tes wawancaranya ga kak? makasih oiya artikelnya bagus kak:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Riny, boleh sekali atau niatnya aku pengen sharing di sini juga nih tp belum sempet huhu. Anyway thankyou ya!

      Delete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS